Rabu, 04 Januari 2017

Perbedaan Will dan Going To

Perbedaan Will dan Going to serta Present Continuous Tense

Perbedaan Will dan Going to serta Present Continuous Tense – Sebenarnya ketika melihat perbedaan will dan going to maka kita juga harus menyertakan present contiuous karena tense yang menunjukkan perbuatan yang akan terjadi di masa depan tidak hanya simple future dan to be going to, melainkan juga present continuous tense. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa fungsinya sama saja, namun sebenarnya terdapat perbedaan pada fungsi ketiga tenses tersebut jika dilihat dari sisi penekanan peluang terjadinya rencana di masa akan datang. Baiklah sekarang mari kita cari perbedaan will dan going to serta present continuous dengan memperhatikan tiga contoh di bawah ini:
  1. Dont worry ma, I am eating, (Tidak usah khawatir ma, aku pasti akan makan) > bentuk present continuous tense.
  2. am going to visit your home, (aku akan pergi ke rumahmu) > bentuk tense to be going to.
  3. will travel to America if I have money. (Aku akan jalan-jalan ke Amerika kalau punya uang) > bentuk simple future tense.
    penjelasan tentang perbedaan will dan going to serta contohnya
Lagi-lagi contoh ketiga bentuk tenses tersebut di atas sama-sama menunjukkan pekerjaan yang akan dilakukan pada masa yang akan datang. Namun ada perbedaannya. Berikut ulasannya:

  1. Contoh yang pertama di atas mengindikasikan bahwa pekerjaannya pasti akan dilakukan yang jika diprosentasi tingkat kehendaknya adalah 99,99%.
  2. Sementara contoh kedua juga mengindikasikan bahwa pekerjaannya akan dilakukan, namun prosentasi tingkat kehendaknya hanya 75%.
  3. Dan contoh yang terakhir juga menyatakan kehendak ingin melakukan, akan tetapi jika diprosentase tingkat kehendaknya hanya 60% (terendah di kelasnya). Sehingga wajar jika rumus Conditional Sentence type I menggunakan tenses Simple future. Dalam grammar conditional sentence, pekerjaan baru akan dilakukan jika persyaratannya dipenuhi.
    Contoh: Saya akan pergi ke Amerika jika saya mempunyai uang banyak. Artinya keinginan atau kehendaknya pergi ke Amerika pada masa yang akan datang sangat bergantung dari banyaknya uang yang dimiliki.
Demikianlah penjelasan Perbedaan Will dan Going to serta Present Continuous. Semoga membantu. Jika kamu menyukai penjelasan ini, mohon like dan twitnya atau meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar